Rabu, 18 April 2012

Belum Lima Menit



Data yang berhasil terkumpul dalam pemantauan terhadap dua media lokal Banten, Kabar Banten dan Banten Raya pada pecan ini (9 – 15 April 2012), yakni isu good governance 42,465%, isu lingkungan 39,041%, isu criminal 14,383%, dan isu perempuan/dan atau anak 4,109%  dari 146 total berita. Dari hasil perolehan tersebut, nampak terlihat isu good governance masih menjadi yang palig dominan dalam media pemberitaan. Sementara untuk pemberitaan isu HAM pada minggu ini absen alias tidak ada.

Lebak kota kecil yang tumbuh bersamaan dengan pestanya pemasaran kendaraan dalam bentuk iklan kredit murah, tak bisa lagi dilihat sebagai bentuk kemajuan atau kemunduran. Lebak yang memiliki wilayah yang sangat luas membutuhkan alat transportasi massal bukan pribadi. Namun apa daya, keinginan hasrat  yang tinggi masyarakat akan kendaraan roda dua ini sudah tidak bisa di bendung lagi. Itu dapat terlihat dari, hampir setiap kepala keluarga yang saya jumpai memiliki alat transportasi kendaraan roda dua. Mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas. Namun, dibalik merebaknya sirkulasi pasar motor roda dua tersebut, ternyata kerap memunculkan dampak yang tajam pada persoalan kriminalitas di masyarakat. Khususnya untuk kasus pencurian kendaraan bermotor.

Dalam media pemberitaan Kabar Banten edisi 9 April 2012 yang berjudul “ Tiga Menit Ditinggal, Motor Raib”. Dalam artikel tersebut diberitakan seorang warga Malingping M.Mahrus (16) menjadi korban pencurian kendaraan bermotor. Motor kesayangannya yang di simpan di halaman rumahnya raib. Padahal, belum lima menit atau tepatnya sekitar tiga menit korban berada dalam rumah. Begitu pula dengan pemberitaan dalam media Banten Raya, edisi 14 April 2012 tentang penangkapan sepuluh tersangka curanmor oleh polda Banten. Dalam hal ini, Polda Banten melalui Ditreskrimum berhasil menyita sepuluh kendaraan hasil curian.

Dikutip dari: Kabar Banten Edisi 9 April 2012
Memang akhir-akhir ini, Lebak sedang berada dalam situasi rawan kemalingan atau pencurian. Entah itu kendaraan bermotor ataupun barang berharga lainnya yang dianggap memiliki nilai jual. Untuk itu, saya berharap  Kabar Banten ataupun Banten Raya bisa terus menjadi media informasi yang menumbuhkan kewaspadaan pada masyarakat terhadap dampak kriminalitas. Selama sepekan pemantauan tidak ditemukan perilaku menyimpang dari media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar